Jauhi 4 Hal Ini Jika Ingin Ginjalmu Sehat

image

Solobrita.Com – Siapa sih orang yang tak ingin sehat ?
Tentu saja semua orang ingin sehat bukan , tapi kadang orang tidak tahu menahu bahwa apa yang sering dilakukannya justru mengundang penyakit .
Contoh nyata adalah makanan yang kita makan sehari-hari , terkadang makanan tersebut adalah makanan enak dan mahal , tapi bisa jadi karena salah pola makan , maka kita bukannya sehat tapi malah sakit .

Hal yang paling berpengaruh dalam hal makanan adalah fungsi ginjal .
Secara umum, organ ginjal sangat berperan sebagai alat penyaring racun maupun darah pada tubuh Anda. Selain itu organ ginjal juga berfungsi guna menghasilkan hormon penting dalam tubuh, yang fungsinya akan menyerap beragam jenis mineral. Sebab itulah kesehatan tubuh akan terganggu jika organ ginjal tak mampu menjalankan fungsinya secara maksimal, dikarenakan kondisinya memburuk atau mengalami kerusakan.

Dilansir dari merdeka.com ( retrieved 06/092017 ), Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan organ ginjal memburuk, bahkan lambat laun mengalami kerusakan.
Berikut ulasannya :

1. Terlalu Banyak Konsumsi Garam
Konsumsi garam yang berlebihan ternyata sangat mengganggu kinerja organ ginjal dalam tubuh. Hal ini karena kandungan Natrium pada garam akan berakumulasi dalam darah, dan pada jumlah yang berlebih akan mengganggu kesehatan ginjal.

2. Kurangnya Waktu Tidur
Kurangnya waktu untuk beristirahat, hal ini akan memaksa organ dalam tubuh bekerja secara terus-menerus tanpa henti. Karena pada dasarnya organ dalam tubuh juga butuh waktu untuk beristirahat guna memaksimalkan kembali kinerjanya. Termasuk organ ginjal yang mempunyai fungsi sangat primer dalam tubuh.

3. Konsumsi Minuman Soda dan Alkohol
Nah ini , ak dipungkiri minuman yang mengandung soda akan membuat urin terkandung zat protein. Keadaan seperti ini lambat laun akan memberatkan fungsi organ ginjal, hingga sampai menimbulkan kerusakan. Begitu juga alkohol sangat berpeluang besar terhadap kerusakan organ ginjal.

4. Jarang Berolahraga
Pastinya, olahraga sangat membantu tubuh Anda dalam proses regenerasi organ-organ dalam tubuh, termasuk ginjal. Jarangnya berolah raga akan membuat organ ginjal kurang maksimal dalam menjalankan fungsinya, karena tak dapat teregenerasi dengan baik. Perlu diperhatikan juga, janganlah menunda-nunda buang air kecil agar kondisi ginjal tetap terjaga dengan baik.

Selain itu jangan lupa menu sederhana yang harus selalu dikonsumsi yaitu minum air putih setidaknya 8 gelas atau 1,5 liter setiap hari .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s