Inilah Desa-Desa Unik Di Indonesia , Dari Desa Gigolo Sampai Desa Teletubbies Ada Disini

image

Solobrita.Com – Indonesia adalah negara besar yang penuh dengan keanekaragaman budaya.
Mungkin disana dianggap biasa , tapi bagi orang luar daerah tersebut akan terasa unik dan bahkan aneh .

Ada yang karena keadaan penghuninya , bahasanya atau rumah tempat tinggalnya .
Dan itu nyata-nyata memang ada di negara kita tercinta ini.

Dan berikut adalah beberapa desa unik yang ada di Indonesia:

1. Desa Keterbelakangan Mental

image

Sumber : bbc.com

Desa keterbelakangan mental terletak di Kabupaten Ponorogo  Jawa Timur, tepatnya di 3 buah desa, yakni desa Patihan, Pandak dan Sidoharjo.
Dari data yang ada , sebanyak 445 warga dari ketiga desa tersebut mengalami keterbelakangan mental atau yang sering disebut Idiot. Menurut Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, penyebab keterbelakangan mental tersebut adalah kekurangan iodium yang terdapat pada garam dan kecap.

2. Desa Gigolo

image

Sumber : qoriau.com

Desa gigolo terletak di Kabupaten Boyolali, Jawa tengah. Ada dua buah desa yang dijuluki desa gigolo, yaitu desa Desa Bakalan dan Desa dan Desa Cabean. Pada dasarnya desa ini tidak ada bedanya dengan yang lainnya. Penduduknya beraktivitas layaknya penduduk desa kebanyakan. Namun siapa sangka, begitu senja turun para pemuda menjelma menjadi “kucing” alias gigolo. Melalui mucikari atau bekerja seorang diri, mereka menjajakan diri di pinggiran jalan. Targetnya adalah tante girang dan om senang.

3. Kampung Korea

image

Kampugn Korea terletak di Pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Bau-Bau. Kampung ini dihuni oleh etnis  Suku Cia-Cia. Secara lisan masyarakat Bau-bau menggunakan bahasa Indonesia, namun sistem tulisan suku Cia-Cia adalah Hangeul atau aksara Korea.

4. Kampung Wadon

image

sumber: trivia.id

Kampung wadon berada di Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa, wadon berarti perempuan. Sesuai dengan nama kampung tersebut, hampir seluruh penghuni kampung ini adalah perempuan. Dikampung ini ada sebuah tradisi yang melarang laki-laki tinggal di kampung ini. Mereka mempunyai keyakinan, jika laki-laki yang sudah menikah tinggal di kampung ini, maka akan sengsara seumur hidup.

5. Desa Pasir

image

sumber: gethashtags.com

Desa pasir terletak di Pesisir Sumenep, Madura. Ketergantungan masyarakat ini terhadap pasir sangat kuat, sehingga desa ini dijuluki desa pasir. Tidak hanya untuk bermain saja, mereka tidurpun di atas pasair. Bahkan pada saat proses melahirkan tetap dilakukan di atas pasir.

6. Desa Teletubbies

image

sumber: telusurindoensia.com

Desa atau kampung Teletubbies terletak di desa Ngelepen, Yogyakarta. Setelah terjadi gempa pada tahun 2006, masyarakat Ngelepen kehilangan tempat tinggal mereka. Lembaga masyarakat non-pemerintahan dan Domes for The World Foundation pun memberikan bantuan berupa rumah kepada penduduk Ngelepen. Rumah-rumah yang dibangun berbentuk setengah lingkaran bagai rumah pada kartun Teletubbies, yang menjadikan desa ini dijuluki Desa Teletubbies.

Nah , dari beberapa desa unik diatas , mana yang pernah kamu kunjungi ?

Library :merdeka.com , terselubung.in

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s