Gara-Gara Dewi Persik Berantem Sama Nassar , D’Academy Indosiar Kena Sanki KPI (plus video)

image

Solobrita.Com – Seperti yang sudah ramai diberitakan , pada acara pencarian bakat D’Academy yang diselenggarakan Indosiar 14 februari lalu , dua orang juri Dewi Persik (DP) terlibat percekcokan dengan Nassar .

Hal ini lantas menjadi viral dan menyebar diberbagai medsos termasuk Youtube .
Meskipun Dewi Perssik dengan Nassar sudah menyatakan damai dan mengakhiri pertengkaran yang tayang secara langsung di stasiun televisi, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memutuskan memberi sanksi administratif berupa penghentian sementara siaran D’Academy selama dua hari, yakni 27 dan 28 Februari 2017.
Sanksi itu diberikan saat KPI menggelar sidang pleno, Senin (20/2/2017).

KPI Pusat menilai program siaran D’Academy yang ditayangkan pada 14 Februari 2017 pukul 20.48 WIB telah melanggar aturan mengenai” Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012,” demikian bunyi keputusan yang diambil dalam rapat pleno komisioner KPI Pusat pada Senin pagi.

Pelanggaran itu sebagaimana dikutip dari laman kpi.go.id, berupa ucapan kasar dan makian oleh salah satu pengisi acara (DP).
KPI Pusat menilai ungkapan kasar dan makin verbal itu tidak pantas ditayangkan.

Kata-kata kasar itu terucap ketika juri Dewi Perssik beradu mulut dengan Nassar gara-gara berbeda pendapat tentang seorang kontestan D’Academy.

Cuplikan dari pertengkaran dan makian tersebut beredar luas di media sosial.

KPI Pusat sebelumnya telah memanggil pihak Indosiar untuk menjelaskan tayangan tersebut. KPI menggunakan klarifikasi dari stasiun televisi tersebut untuk mengambil keputusan.

Saat menyerahkan surat sanksi kepada Indosiar, Dewi Setyarini meminta Indosiar untuk tidak mengulangi pelanggaran serupa atau melakukan pelanggaran lain.
Ia berharap sanksi tersebut bisa menjadi bahan perbaikan bagi program D’Academy dan program-program televisi secara umum.

Sementara pihak Indosiar melalui Ekin Gabriel Surbakty selaku GM Programming Indosiar angkat bicara terkait sanksi penghentian sementara tersebut.

Menurut Ekin, pihaknya sangat kaget dengan pernyataan KPI terkait penghentian programnya seperti yang dimuat pada laman resmi KPI.

Saya juga kaget. Harusnya website KPI tidak memuat ini. Di pasal 90 P3SPS ada kok. Bahwa kemarin KPI meminta klarifikasi dari kami. Lalu sidang pleno dan sampaikan ini. Paling lambat ini selama tiga hari kami memberikan hak jawab,” ujar Ekin sebagaimana dilansir Kompas, Senin (20/2/2017).

Pihak Indosiar sendiri juga sudah memberikan teguran kepada Nassar dan Dewi Perssik yang berseteru sehingga KPI menjatuhkan sanksi ini.

Kalau itu (teguran) pasti. Dan sudah ada cuplikan minta maafnya kan. Sudah kami lakukan pembinaan juga. KPI-nya enggak kirim juga sudah kita lakukan itu,” ucapnya.

Ekin menyatakan Indosiar akan tetap mengikuti peraturan yang berlaku yakni dengan memberikan hak jawabnya kepada KPI.

Selanjutnya kami mengikuti seperti sidang tadi. Kami akan berikan jawaban tertulis. Karena kalau mereka bilang, kami berhak kasih jawaban,” pungkasnya.

Berikut videonya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s