Ini Akun-Akun Resmi Pemerintah Yang Layak Kamu Follow

image

Solobrita.Com – Jaman sekarang , media sosial memang bisa menjadi sarana komunikasi yang efektif untuk mencapai berbagai kalangan.
Maka ‘gak heran kalau media sosial sering dijadikan wadah untuk sosialisasi program, menjawab keluhan, atau pun untuk memperkenalkan sebuah brand.

Arus informasi yang cepat dinilai efektif untuk meningkatkan awareness. Gak heran banyak brand/ perusahaan yang memanfaatkan media sosial dalam berbagai kampanyenya. Tidak terkecuali badan pemerintahan .

Pemerintah kini sudah ‘gak kaku lagi dan mengikuti perkembangan jaman alias kekinian. Salah satunya dengan memiliki akun resmi dari badan pemerintahan.
Akun-akun ini berfungsi untuk mensosialisasikan berbagai hal ke masyarakat, menjawab pertanyaan, klarifikasi, sampai membangun citra di masyarakat.
‘Gak selamanya akun-akun pemerintahan ini memakai gaya bahasa yang kaku loh, dengan menyesuaikan dengan pengikutnya di sosial media, beberapa akun ini memiliki gaya komunikasi yang santai, dan kadang-kadang timeline nya bisa lucu juga!

@_TNIAU

image

Akun twitter ini adalah akun Resmi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara yang dikelola oleh Dispenau . Pada akun ini netizen bisa mendapatkan informasi mengenai pendaftaran TNI AU, informasi mengenai pesawat, dan acara-acara yang berkaitan dengan TNI AU. Meskipun TNI kental dengan image yang gagah dan tegas, akun twitter ini dikelola dengan pendekatan yang lebih santai. Akun yang dibuat pada Juni 2012 ini sudah memiliki 143.000 follower lebih.
Admin akun ini sangat interaktif menanggapi mention yang masuk ke twitter, menanggapi pertanyaan serius sampai pertanyaan iseng. Eh, kadang-kadang suka penyegaran timeline juga loh, ngenalin profil Airman yang keren-keren .

@DitjenPajakRI

image

Akun dengan follower melebihi 43 ribu ini merupakan milik Direktorat Jenderal Pajak RI. Pada akun ini Agan bisa bertanya mengenai hal-hal seputar pajak, spt, atau hal-hal lain yanng dirasa kurang jelas mengenai pajak. Akun twitter ini juga kerap berbagi informasi mengenai agenda-agenda Ditjen Pajak. Akun yang ini menjawab pertanyaan dan keluhan dengan bahasa yang santai dan mudah dimengerti, bahkan kadang suka iseng godain followernya juga tuh .

@Kemdikbud_RI

image

Berikutnya adalah akun dengan follower sebanyak 862 ribu lebih , milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Akun ini kerap membagi informasi mengenai agenda kegiatan Kemdikbud, berbagai festival pendidikan, dan sosialisasi program lainnya dengan menyapa para followernya sebagai Sahabat Dikbud. Kemdikbud juga sering menjawab pertanyaan followernya, bahkan pernah ngobrolin artis Korea sama followernya.

@bank_indonesia

image

Akun yang dibuat sejak tahun 2010 ini memiliki 441 ribu follower lebih .
Akun milik Bank Indonesia ini seirng membagi informasi mengenai rupiah, hal-hal yang berkaitan dengan keuangan, juga kurs mata uang rupiah. Termasuk salah satunya dengan informasi mengenai peluncuran uang baru, lengkap dengan informasi mengenai motif-motif yang terdapat di uang tersebut.
Bahkan ketika salah satu follower bercanda dengan menyamakan motif tersebut seperti awan akatsuki dalam kisah manga Naruto, akun ini pun menanggapinya dengan informasi yang benar, meski dengan menyertakan candaan di dalamnya.

Itulah beberapa aku twitter resmi milik pemerintah yang sepertinya wajib kamu follow.
Tentunya akun-akun sosial media dibuat agar Agan bisa mengakses informasi mengenai pemerintahan dengan lebih mudah, juga dalam hal pelaporan. Gaya bahasa yang luwes diharapkan bisa lebih dipahami, terutama oleh kaum muda, juga membuat kita merasa lebih akrab dengan instansi-instansi ini, plus nambahin hiburan ddi timeline juga Gan.

Yang mana akun favorit kamu ?

Library : kaskus

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s