Kena Tilang… Blanko Biru Denda Maksimal , Blanko Merah Ikut Sidang , Pilih Mana ?

image

Solobrita.Com – Siapa yang mau kena tilang , tentu tidak ada bukan ?
Dengan berbagai cara , kita berusaha untuk tidak kena tilang , entah mau mutar arah , masuk perkampungan atau apapun dilakukan.

Namun bagaimana jika apes ?
Ya…Kena tilang deh .Sedih rasanya kalau sudah kena tilang, mau pilih sidang ke pengadilan sangat menyita waktu sedangkan kalau pasrah salah langsung disuruh transfer ke bank dengan nominal denda maksimal.

Yup , sudah tahukan perbedaan antara blanko tilang berwarna merah dengan berwarna biru ? Untuk blanko berwarna biru itu kita pasrah mengakui kesalahan di hadapan polisi dan barang yang disita misalnya SIM atau STNK akan langsung dikembalikan setelah kita mentransfer uang denda ke Bank yang ditunjuk, jika sudah ditransfer langsung saja kita nemuin ke polisi yang menilang kita tadi, jadi tidak perlu repot2 ikut sidang di pengadilan.

Nah , kalau blanko biru ini kita harus bayar denda maksimal, yang pastinya langsung bikin kantong kempes bro… nggak punya SIM kena denda 1 juta , itu kalau baru satu pasal.

Sedangkan untuk blanko tilang warna merah artinya kita menolak salah dan minta sidang ke pengadilan. Sidang di pengadilan sudah pasti akan menyita waktu belum lagi kalau kita terbelit dengan calo apalagi kalau ternyata setelah kita datang ke pengadilan sesuai tanggal yang sudah ditentukan malah blangko berkas-berkas kita belum dikirim ke pengadilan alias masih tertahan di polsek, alhasil kita mesti mengambil ke polsek dan pastinya buang-buang waktu.
Namun untuk denda blanko merah lebih kecil bahkan jauh lebih kecil dibandingkan kita pasarah pakai slip biru , pengalaman admin sih tidak sampai 100 ribu.

Masih belum percaya kalau denda blanko biru itu denda maksimal , berikut adalah pengalaman dari seorang biker yang masih ABG dan ditilang karena belum punya SIM.
Berita ini dishare di grup Honda Beat ring17 dan dikutip aripitstop.Com .

image

Bro babang menanyakan perihal slip tilangnya, tidak punya SIM dan tidak pakai helm, dikasih blanko biru karena mengakui kesalahan yang akhirnya harus bayar denda via transfer ke bank yang ditunjuk dengan nominal denda maksimal, mau tahu berapa ?
Nilainya fantstis bro , ediaaan .. bayar denda tilang sampai Rp.1.250.000.

Info dari Divisi Humas Mabes Polri :

Jika Pelanggar meminta blanko tilang berwarna biru maka pelanggar tidak perlu lagi mengikuti sidang di Pengadilan, bisa membayar langsung di Bank BRI.
Namun slip tilang berwarna Biru ini dikenai denda sesuai dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas & Angkutan Jalan.

Contoh :
Tidak memiliki SIM. Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, tidak memiliki Surat Izin Mengemudi Pasal 281 jo Pasal 77 ayat (1) Denda : Rp 1.000.000
Keterangan: Dengan blanko tilang warna biru melanggar pasal ini, Pelanggar diwajibkan untuk membayar denda yaitu Rp 1.000.000 dan disetorkan ke Bank BRI yang telah ditentukan.

image

Hal ini berbeda jika pelanggar ditilang menggunakan Blanko warna merah, karena denda untuk blanko tilang warna merah ditentukan berdasarkan Keputusan Hakim di Pengadilan Negeri yang ditunjuk.

Dengan penjelasan ini memungkinkan pelanggar lalu lintas yang ditilang Petugas Polri dapat meminta kepada Petugas dilapangan untuk ditilang dengan menggunakan blanko warna biru atau bisa juga blanko warna merah.

Silakan dilaporkan ke Propam Polda Metro Jaya Telp 021-5234469 apabila ada Petugas dilapangan tidak memberikan surat tilang dalam penindakan pelanggaran lalu lintas. Sekaligus nama Petugas, pangkat, lokasi dan kronologis kejadian. (TMC Polda Metro Jaya)

– Undang Undang Negara Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan:http://tmcpoldametro.posterous.com/undang-undang-negara-republik-indonesia-no22

– Bank BRI Yang Ditunjuk Untuk Melayani Pembayaran Denda Tilang Biru:
http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150704541721647

– Laporkan ke Bid Propam Polda Metro 021-5234469 nama petugas & detailnya apabila dalam penindakan pelanggaran lalu lintas tidak memberikan surat tilang.

Nah , pilih mana kalau sudah terlanjur kena tilang , blanko biru langsung bayar apa blanko merah ikut sidang ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s