Bukan Di Palembang , Indonesia Bakal Punya Sirkuit MotoGP Sekelas Macau

image

Di tempat inilah nantinya dibangun sirkuit sekelas Macau

Solobrita.Com – Harapan untuk bisa menggelar event balap skala dunia memang sangat di nanti-nanti segenap pecinta otomotif tanah air.

Sirkuit Palembang lah yang di gadang-gadang bisa memuaskan hasrat pecinta Motogp tanah air.
Namun , ternyata bukan hanya Palembang saja yang akan membuat sirkuit motogp .
Kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) juga berniat akan membuat sirkuit motogp dengan model lain .

Disana nantinya akan dilengkapi sirkuit untuk balap motor Moto Grand Prix (MotoGP). Sirkuit ini sedang diupayakan pembangunannya oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Presiden Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan, sirkuit tersebut akan dibangun seperti sirkuit di Macau. Sirkuit itu bisa jadi jalan biasa ketika tidak digunakan untuk acara.
Saya ingin seperti Macau, Monaco. Jadi split sirkuit, kalau tidak ada itu jalan biasa, keliling kawasan jalan ke pantai. Tapi di saat untuk tour dikasih barrier. Lebih efisien kalau tidak dipakai untuk trafic kawasan. Tidak seperti Sentul kalau kosong ya kosong,” kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Menara BCA Jakarta, seperti ditulis Rabu (2/2/2017).

Dia mengatakan, sirkuit di Mandalika ditargetkan rampung pada 2019. Pembangunan sirkuit MotoGP sendiri untuk melengkapi Mandalika sebagai kawasan pariwisata.
Abdulbar menerangkan, untuk mewujudkan kawasan pariwisata sendiri mesti memperhitungkan beberapa hal. Antara lain, aksesbilitas, fasilitas (ameneties), atraksi.

Terkait aksesbilitas, KEK Mandalika berdekatan dengan bandara dengan jarak sekitar 20 km. Akses kedua titik dihubungkan oleh jalan yang relatif baik.
Aksesbilitas jarak 20 km itu hanya 20 menit sampai. Sudah memenuhi sebuah kriteria kawasan yang memenuhi aksesbilitas,” kata dia.

Mengenai fasilitas, lanjut dia, KEK Mandalika sedang dibangun 6 hotel berbintang. Setidaknya ada 1.200 kamar di kawasan tersebut. Terkait atraksi, KEK Mandalika memiliki posisi yang strategis. KEK Mandalika dilengkapi oleh pemandangan alam di mana terdapat pantai sepanjang 16 km. Kemudian dilengkapi gunung sehingga membuat wilayah tersebut semakin menarik.

Namun, itu pun dinilai tak cukup. Menurut dia diperlukan sebuah atraksi yang baru. Tujuannya untuk mendorong pariwisata.

Tapi kita lihat paling cepat menaikan traffic, olahraga. Yang digemari Indonesia. Di Indonesia kalau Sabtu Minggu nonton kalau nggak sepak bola MotoGP,” ungkap dia.

Dia bilang, MotoGP akan menjadi tontonan yang menarik karena aksi pembalapnya terlihat lebih nyata.
MotoGP kan lebih exciting, orangnya ngepotnya kelihatan. Jadi secara atraksi MotoGp lebih disukai daripada F1,” ujar dia.

Nah , kalau di sirkuit Motogp , adalah sirkuit asli yang memang di desain untuk balapan , nantinya di NTB ini akan dibuat sirkuit jalanan seperti Macau Grand Prix , kalau pas tidak dipakai balap ya di gunakan untuk lalu lintas ..Multifungsi …Biar gak rugi dan jelas ada pemasukan …Keren kan ?

Library : liputan6

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s