Inilah 10 Negara Terkaya Di Dunia

image

Solobrita.com – Sebagai warga negara yang hidup di negara berkembang kita tidak boleh menuntut yang macam-macam kepada pemerintah , karena pemerintah jelas tidak akan mampu mengikuti alur negara-negara maju yang modern atau negara-negara kaya.

Banyak faktor yang menentukan dalam kategori negara terkaya di dunia. Pendapatan per kapita penduduknya, serta Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negara tersebut jadi beberapa penentu.
Selain itu, disparitas antara si kaya dan si miskin juga tak terlalu tinggi, dan negara harus bisa menciptakan kestabilan ekonomi.

Nah, Wordatlas baru saja merilis daftar negara terkaya di dunia pada tahun 2016, yang ternyata didominasi negara-negara Timur Tengah.

10. Arab Saudi

Salah satu negara Timur Tengah ini dikenal sebagai negara dengan kekuatan ekonomi besar, yang mengandalkan hasil sumber daya alamnya. Tidak heran, karena Arab Saudi memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia, dengan rekening minyak lebih dari 95% ekspor. Selain itu, juga ada cadangan gas alam terbesar keenam di dunia. Dengan kekayaannya itu, pendapatan per kapita negara ini mampu mencapai 51.924 dolar AS atau sekitar Rp 679 juta.

9.Amerika Serikat

Meski tergolong sebagai negara padat penduduk dengan total mencapai lebih 310 juta jiwa, namun tidak menghalangi Amerika Serikat untuk jadi salah satu negara terkaya di dunia. Negeri Paman Sam bisa menjadi negara dengan perekonomian termaju di dunia, berkat sumber daya alam yang berlimpah, serta didukung infrastruktur terbaik dan produktivitas tinggi. Pendapatan per kapitanya pun mencapai 54.630 dolar AS atau sekitar Rp 714 juta.

8. Swiss

Negara yang sebagian besar wilayah terdiri dari pegunungan Alpen ini memiliki pendapatan per kapita 57.235 dolar AS atau sekitar Rp 748 juta. Selain melakukan ekspor bahan kimia dan mesin industri, Swiss dikenal sebagai pusat perbankan dan pusat investasi terbaik di dunia, sehingga banyak miliarder yang menanamkan saham dan berinvestasi di negara ini. Sejumlah kotanya juga berkali-kali jadi negara dengan standar kehidupan terbaik di dunia.

7. Norwegia

Pendapatan negara ini berasal dari dari sektor laut, selain kaya dengan hasil tambang seperti minyak bumi dan gas alam.
Alhasil, Norwegia pun mampu mencapai pendapatan per kapita sebesar 64.856 dolar AS atau sekitar Rp 848 juta. Padahal, negara ini hanya berpenduduk sebanyak 5 juta jiwa dengan luas wilayah sekitar 385,525 kilometer persegi, sehingga dikenal pula sebagai salah satu negara di Eropa dengan tingkat kepadatan penduduk paling rendah.

6. Uni Emirat Arab

Sektor minyak bumi dan ekspor gas alam memainkan peran penting dalam perekonomian di salah satu negara Timur Tengah ini. Dengan luas wilayah yang tidak lebih besar dari Amerika Serikat dan jumlah penduduk sebanyak 9,2 juta jiwa, Uni Emirat Arab mampu membukukan pendapatan per kapita sebesar 67.674 dolar AS atau sekitar Rp 885 juta.
Sektor pelayanan dan telekomunikasi pun ikut menjadi salah satu penyumbang pendapatan negara terbesar.

5. Brunei Darussalam

image

Eskpor minyak mentah dan gas juga menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan Brunei Darussalam, sejak 80 tahun lalu.
Negara kecil di Asia Tenggara ini tercatat sebagai salah satu eksportir gas alam cair (liquid petrolium gas) terbesar di dunia. Selain itu, perekonomian mereka juga dari perusahaan dalam dan luar negeri, serta didukung oleh pemerintahan yang kuat. Wajar jika negara ini punya pendapatan per kapita 71.185 dolar AS atau Rp 931 juta.

4. Kuwait

Sama seperti Brunei Darussalam, Kuwait juga merupakan salah satu negara kecil. Eksplorasi minyak bumi jadi penyumbang terbesar, hampir 95% dari seluruh pendapatan Negara Teluk ini. Saat ini, mereka menjadi pemilik 10% cadangan minyak mentah dunia, dengan jumlah sekitar 104 juta barel.
Selain itu, mereka juga memiliki sistem perbankan mumpuni. Dengan kelebihan itu, pendapatan per kapitanya mencapai 73.246 dolar AS atau sekitar Rp 958 juta.

3. Singapura

Inilah negara Asia Tenggara terkaya di dunia, dengan total pendapatan per kapita mencapai 82.763 dolar AS atau Rp 1 miliar. Kekayaan Singapura berasal dari sektor pelayanan, ekspor industri kimia, dan beberapa sektor bisnis lainnya. Saat ini, mereka jadi salah satu negara tersibuk di dunia, dengan mengekspor barang muatan mencapai nilai 73.246 dolar AS atau sekitar Rp 958 juta.

3. Singapura

Inilah negara Asia Tenggara terkaya di dunia, dengan total pendapatan per kapita mencapai 82.763 dolar AS atau Rp 1 miliar.
Kekayaan Singapura berasal dari sektor pelayanan, ekspor industri kimia, dan beberapa sektor bisnis lainnya. Saat ini, mereka jadi salah satu negara tersibuk di dunia, dengan mengekspor barang muatan mencapai nilai total 414 miliar dolar AS ke seluruh dunia. Padahal, luas wilayahnya sangat kecil, tidak lebih besar dari pulau Bali.

2. Luksemburg

Kekayaan negara ini berasal dari sektor finansial, serta industri besi dan baja. Luksemburg pun jadi negara dengan kepemilikan aset terbesar di dunia. Sedang pendapatan per kapita negara ini 97.662 dolar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar. Negara terkecil di Eropa ini sendiri hanya memiliki penduduk sekitar 531 ribu jiwa, dengan luas wilayah sekitar 2.586 kilometer persegi. Selain itu, Luksemburg juga dikenal memiliki tingkat pengangguran yang rendah.

1. Qatar

image

Qatar jadi negara terkaya di dunia pada tahun 2016 dengan pendapatan per kapita sebesar 140.649 dolar AS atau sekitar Rp 1,8 miliar. Negara kecil di Timur Tengah yang hanya punya penduduk sebanyak 2 juta jiwa lebih ini terkenal akan eksplorasi minyak bumi, serta produksi gas alam dan petrokimia. Dengan pertumbuhan ekonom yang terus meningkat, pendapatan negara ini dan PDB-nya mencapai 85 persen yang berasal dari sektor ekonomi.

Library : beritateratas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s