Siapakah Gusti Nurul , Wanita Yang Menolak Cinta Syahrir , Hamengku Buwono Hingga Presiden Sukarno ?

image

Solobrita.com – Siapa tak kenal Sukarno , presiden pertama yang paling fenomenal di negri ini ?
Selain kenegarawannya yang patut diacungi jempol , sudah tidak asing juga bahwa Sukarno adalah playboy untuk ukuran seorang presiden dan tentunya dengan kharisma yang dimilikinya , beliau sangat di gilai wanita-wanita dijamannya.

Namun ,sepanjang sejarah Indonesia, mungkin hanya satu wanita yang pernah dicintai seorang presiden, perdana menteri, komandan TNI AD dan Sultan sekaligus.
Itulah Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau Gusti Nurul, wanita tercantik di awal berdirinya Republik ini.

Presiden Soekarno, Perdana Menteri Sutan Sjahrir, Sultan Hamengkubuwono IX hingga Komandan TNI AD Pangeran Djatikusumo, semuanya terpesona oleh kecantikan dan kelembutan sang kembang keraton Mangkunegaraan.

Sjahrir mengiriminya puluhan surat. Soekarno meminta pelukis terkenal untuk menggambar potret sang putri. Namun Gusti Nurul tak tergoda.

Apa alasan dia menolak cinta keempat pria hebat itu?

Gusti Nurul keras menolak poligami. Dia melihat ayahnya yang memiliki selir banyak, sehingga ibunya tertekan.

Kamu jangan sampai seperti ibu,” itulah pesan ibunya yang sangat diingat Gusti Nurul.

Pada seorang Letnan Kolonel Angkatan Darat akhirnya Gusti Nurul melabuhkan cintanya.
Pria beruntung itu adalah Raden Mas Surjosularso yang saat itu menjabat sebagai Komandan Pusenkav di Bandung.
RM Surjosularso dikenal sebagai sosok perwira yang sederhana dan tanpa ambisi mengejar jabatan.

image

Surjo Sularso , pria beruntung yang berhasil merebut hati Gusti Nurul

Saat menikahi Gusti Nurul, RM Surjosularso sudah menjadi duda. Hal ini cocok dengan mimpi Gusti Nurul. Akan ada ayam datang, tapi ayam itu sudah memiliki telur. Mungkin telur inilah yang dimaksud sebagai duda dengan anak.

Pernikahan keduanya langgeng puluhan tahun. Sang suami meninggal lebih dulu, sementara Gusti Nurul akhirnya dipanggil Yang Kuasa, Selasa  (10/11) kemarin di Bandung.

Ya , Gusti Raden Ajeng Siti Nurul Kamaril Ngarasati Kusumawardhani atau biasa disapa Gusti Noeroel meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Perempuan cantik itu menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 08.00 WIB.

Menurut Hariono (menantu gusti Nurul), keluarga besar Matah Ati kehilangan sosok yang menjadi perpaduan sempurna kecerdasan, kecantikan, dan kebijaksanaan. Hariono akan selalu mengenang energi baik yang selalu Gusti Nurul berikan bagi kemanusiaan.

Seorang perempuan jawa yang memegang kuat akar tradisi budaya namun tetap mengasah dirinya menjadi visioner modern,” tuturnya.

Putri cantik itu lahir pada tanggal 17 September 1920 dengan nama Gusti Raden Ajeng Siti Nurul Kamaril Ngarasati Kusumawardhani atau biasa disebut Gusti Noeroel.

Kecantikan Gusti Noeroel ini ternyata sangat terkenal di zamannya. Soekarno, Sultan Sjahrir hingga Sultan HB IX, dan Pangeran Djatikusumo pun bertekuk lutut atas kecantikan sang Putri. Namun mereka semua harus rela patah hati. Gusti Noeroel menolak mereka semua dengan pertimbangan.
Dia tidak ingin dimadu.

Bagaimana ladies , apakah hatimu seteguh Gusti Nurul , tidak mau dimadu  ?

Library : merdeka.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s