Desa Wadon : Desa Unik di Jawa Timur , Isinya Perempuan Semua

image

Solobrita.com – Mungkin di daerah lain juga ada keunikan-keunikan atau kultur budaya pada suatu tempat .
Namun kali ini kita akan membahas satu daerah atau desa unik yang terletak di kabupaten Ngawi , Jawa Timur.
Ngawi sendiri adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, kurang lebih 2,5 jam perjalanan dari kota Solo.

Adalah Desa Wadon nama daerah tersebut.
Desa Wadon mungkin dibenak yang kita pikirkan adalah sebuah desa yang memiliki masyarakat mayoritas perempuan, seperti desa yang ada di Jawa Timur ini, bukan hanya dongeng belakang ternyata desa tersebut ada di Indonesia.

Indonesia memang memiliki keanekaragaman budaya dan khas unik dari berbagai wilayah mulai dari Sabang hingga Merauke, tak jarang kita temukan budaya dan keunikan tersendiri dari berbagai wilayah yang berbeda seperti di Jawa Timur ini ada desa yang isinya mayoritas perempuan semua.

Desa Perempuan di Jawa Timur

Seperti kampung atau desa pada umumnya terdapat sebuah desa yang dulu konon katanya dihuni oleh sebagian besar wanita, desa tersebut adalah Desa Wadon, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Dilihat dari namanya memang desa ini mengandung arti Wadon (dalam bahasa indonesia wanita) dan juga mengartikan masyarakat di dalamnya hanya seorang wanita.

Memang hingga sekarang di desa wadon hanya diisi oleh mayorita perempuan, jarang kita temukan laki-laki di sana, yang kita pikirkan sekarang bagaimana mereka mencari nafkah dan mengerjakan pekerjaan laki-laki ?

Kebanyakan dari mereka saling bergotong royong dalam pembangunan, biasanya mereka menyewa orang luar untuk melakukan pekerjaan laki-laki seperti membangun rumah, memperbaiki rumah, mencangkul dan lain, namun pekerjaan dan rutinitas utama mereka tetap dipegang oleh seorang perempuan.

Terus dimana laki-laki yang ada di desa tersebut , apakah mereka tidak punya suami ?
Ternyata laki-laki di desa tersebut memilih untuk pergi dari desa tersebut entah tanpa alasan suatu apapun, namun masyarakat di Desa Wadon merasa tentram dan hidup damai tanpa laki-laki.

Selanjutnya …
Sejarah Desa Wadon

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s