Profesi ini hanya ada di Indonesia …super sekali

image

Solobrita.com – Banyak orang berkata bahwa negeri kita diisi orang-orang konsumtif yang bekerja bagai robot, namun tak sanggup menghasilkan sesuatu yang berarti.
Hellow , mulai sekarang jangan sekali-sekali meremehkan Indonesia!
Walau hingga saat ini masih berstatus negara berkembang, namun orang-orang Indonesia ternyata sangat kreatif dalam hal mencari nafkah.

Sebagian besar orang Indonesia menganut prinsip ‘rela bekerja apapun asalkan halal’. Alhasil, Indonesia pun dipenuhi oleh berbagai profesi yang sebenarnya sangat mencengangkan, namun terbukti bisa memberikan penghidupan yang layak. Profesi yang akan kita bahas kali ini mungkin sangat biasa kalian lihat dalam kehidupan sehari-hari. Namun kalian mungkin tak menyadari bahwa pekerjaan ini hanya dilakukan di Indonesia, setidaknya setahu admin ya, soalnya admin belum pernah keluar negri sih ,

1. Ojek Payung

image

Sementara banyak orang lebih memilih berteduh saat hujan, beberapa lainnya justru memanfaatkan momen ini untuk mencari nafkah , dialah si tukang ojek payung.
Para ojek payung ini akan menghampiri calon pelanggan yang menurut mereka butuh bantuan. Mereka menawarkan jasa sewa payung agar pelanggan bisa berpindah tempat tanpa kehujanan.
Paling sering dijumpai adalah di mall atau tempat keramaian .

Uniknya, kebanyakan pelaku profesi ini adalah anak-anak atau remaja. Para ojek payung sendiri akan mengawal si pengguna jasa, tanpa peduli derasnya hujan yang mengguyur tubuh mereka. Tak apalah mereka yang basah asal pelanggan puas dengan jasa mereka. Ojek payung ada di berbagai bagian wilayah Indonesia dengan tarif yang berbeda.

2. Pemulung

Beberapa orang menganggap pekerjaan ini sebelah mata karena sistem kerjanya yang dianggap jorok. Namun percayalah, selain berjasa besar, para pemulung ini juga menjadi salah satu keunikan negeri kita. Pasalnya, hanya di negara kita orang rela berjibaku dengan sampah untuk menemukan barang-barang yang layak jual.

Bahkan beberapa di antara mereka akhirnya berhasil dan mandiri dengan pekerjaan ini. Tapi memang hasilnya tidak bisa instan dan butuh ketekunan serta tekad tingkat tinggi untuk melakukan pekerjaan ini.
Di daerah admin malah sekarang ada yang jadi bos pemulung , bahasa kerennya ” Bos Rosok “

3. Tukang tambal ban

Orang Indonesia ternyata memiliki jiwa ekonomi yang sangat tinggi. Di luar negeri, orang akan membeli ban baru sebagai ganti milik mereka yang kempes, bocor, dan lain-lain. Luar biasanya, orang Indonesia memilih untuk menambal !

Ya profesi tambal ban ini begitu vital di Indonesia dan bisa ditemukan setiap beberapa kilometer di pinggir jalan.
Bahkan ada yang pakai acara tebar ranjau paku segala lho …parah ya.
Tapi hebatnya, para penambal ban juga telah menemukan teknologi paling praktis untuk menambal ban. Bukankah seharusnya mereka dapat penghargaan sebagai ilmuwan ?

4. Joki 3 in 1

image

DKI Jakarta adalah salah satu wilayah yang menerapkan jalur 3 in 1 demi mengurangi kemacetan. Di wilayah tertentu, mobil yang lewat harus berpenumpang minimal 3 orang, dan akan mendapat sanksi jika hal ini dilanggar. Namun ternyata, hal ini bisa diakali dengan cara yang sangat brilian.

Beberapa meter sebelum memasuki jalur 3 in 1, para joki telah berjajar untuk menawarkan jasa mereka. Mobil yang penumpangnya kurang dari 3 orang akan menyewa beberapa dari mereka untuk duduk di dalam mobil hingga keluar dari jalur tersebut.

5 Vending Machine berjalan

Di Indonesia, terutama Jakarta, kalian akan menjumpai penjual minuman yang bermobilisasi dengan sepeda gowes. Dia membawa serta berbagai minuman, mulai dari kopi, teh, susu, dan berbagai minuman instan lainnya. Dia juga menyediakan termos berisi air panas untuk menyeduh minuman tersebut.
Unik ya…

Kita bisa mendapatkan minuman apapun layaknya di vendor machine. Tadinya, profesi ini juga banyak ‘menyelinap’ di dalam kereta api maupun bus secara bebas, tapi kini untuk penjualan seperti ini di angkutan umum hanya tersedia dari instansi bersangkutan. Sementara penjual seperti ini kini harus survive di jalanan.

6. Polisi bayaran ( Supeltas )

Satu lagi profesi unik di Indonesia adalah polisi bayaran atau Supeltas.
Dia adalah petugas yang biasa standy di pertigaan, perempatan, atau lokasi yang menjadi titik penyeberangan kendaraan.
Tanpa diminta, dia mengatur lalu lintas di persimpangan, atau sekedar membantu kendaraan yang ingin menyeberang. Biasanya dia mendapatkan uang dari pengemudi kendaraan yang dibantunya.
( baca : Supeltas terheboh , orang Solo pasti kenal dia )

Masih tidak percaya kalau profesi di atas hanya dilakukan orang Indonesia ?
Well, tinggal di kawasan berpenduduk padat membuat orang Indonesia harus kreatif dan pintar-pintar mencari nafkah.
Jika tidak, kita akan kalah saing dengan 250 juta orang Indonesia lain yang berlomba mendapatkan penghidupan yang layak.

Selain profesi di atas, masih banyak lho pekerjaan lain yang hanya dimiliki negeri kita.
Masih bilang Indonesia tidak kreatif ?
Harusnya sih mereka ini disebut ilmuwan …karena idenya super sekali pak mario pemirsa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s