image

Solobrita.com – Bicara soal patung , apalagi patung raksasa, pastinya benak kita akan membayangkan patung liberty Amerika yang terkenal itu.

Selama ini patung Liberty memang sudah terkenal sebagai ikon kota New York. Selain itu patung tersebut diklaim sebagai salah satu patung terberat di dunia. Kini patung serupa juga bakal dibangun di China dengan berat yang diklaim bakal jauh lebih berat daripada di Liberty.

Lho, bukannya China sedang membatasi bangunan unik dan aneh di sana ?
Ya, aturan itu memang hanya berlaku untuk bangunan gedung bertingkat saja. Sedangkan untuk bangunan patung atau pahatan yang akan digunakan sebagai ikon kota atau suatu daerah jelas nggak ada larangan. Makanya nggak heran kalau selama ini, pemerintah China selalu menambah bangunan patung tersebut.

Seperti salah satunya patung Mao atau yang berbentuk teko teh yang sudah dulu ada,  namun baru-baru ini , seperti dilansir dailymail.co.uk , obsesi pemerintah di China jauh lebih besar dari sebelum-sebelumnya. Sebab kali ini mereka bakal membangun patung raksasa tokoh Marquis Guan Yu dengan berat yang bakal diklaim jauh lebih berat dari patung Liberty.

image
Inilah patung terbaru yang diklaim terberat di dunia ©Dailymail.co.uk

Nah lho.. patung Liberty saja sudah besar banget kan ? Lalu , patung salah satu tokoh kenamaan China ini ?
..ya jelas lebih besar, pasalnya patung ini bakal dibuat 5 kali lebih berat dari Liberty. Sudah kebayang kan seberapa besarnya ?

Apalagi kabarnya patung ini bakal dibuat setinggi 58 meter dari permukaan tanah di kawasan Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China Utara .Memang tidak lebih tinggi dari Liberty , tapi jelas lebih besar dan bagus karena patung yang dirancang memakai baju perang itu dibuat murni dari perunggu. Di mana rencananya beratnya bakal diperkirakan sekitar 2.500 ton. Tentu nggak mudah membayangkan seberapa besarnya bukan ?

Nggak heran lagi kalau ke depannya patung ini bakal menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia, terutama turis lokal di China. Sebab selain jadi ikon baru Provinsi Shanxi, patung ini jelas menjadi ikon terbaru negara China sendiri.

Wah, tembok besar China bakal punya saingan nih ?
Bagaimana menurutmu guys ?

Library : kapanlagi

Iklan