image

Solobrita.com – Kamu yang mendadak seleb , jadi selebgram ataupun yang punya follower melimpah , tentunya tidak semua follower itu fans kamu , bahkan bisa jadi setengahnya adalah haters kamu.

Kebanyakan dari kita tidak siap ketika sebuah kritikan menghampiri diri. Dengan kata lain, perilaku adalah bagian besar dari identitas kamu , sehingga secara alami ketika seseorang memberitahumu untuk mengubah perilaku berupa saran kecil, akan dianggap seperti serangan yang besar terhadap pribadimu.

Sebuah kritik memang tidak selamanya membangun, kalaupun toh iya, biasanya disertai embel-embel entah apa namanya.Namun kamu perlu berlaku bijaksana dalam memproses informasi dengan cara yang logis dan sehat.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan dalam menanggapi sebuah kritikan secara bijaksana, seperti dilansir dari Huffingtonpost :

1. Jangan defensive
Sebuah kritikan tidak berarti sebuah penyerangan kepada pribadi Anda, bahkan ini hal baik ketika seseorang meluangkan waktunya untuk memberikan penilaian terhadap pribadi Anda. Berdebat akan membuat Anda terlihat menutup diri membuktikan banyak dari Anda yang perlu dikritik.

Mengajukan pertanyaan terbuka membuat Anda tampak kooperatif, fleksibel dan berpikiran terbuka. Bahkan jika Anda tidak sepenuhnya setuju dengan mereka, hal ini tentunya adalah sebuah pematangan metode yang lebih terhormat dalam menerima sepotong kritik daripada menyetujui sebuah kritikan secara langsung.

image

2. Jangan berkata “saya tahu”
Jangan pernah berkata “saya tahu” dalam menanggapi kritik. Kamu jelas tidak mendengar kalimat ini, dan akan langsung menempatkan kritikus kamu secara defensif dan mengubah apa yang bisa menjadi produktif, dan menjadi sebuah argumen. Jika Anda tahu cobalah menggantinya dengan kalimat yang lebih positif seperti “saya mengerti” dan sama-sama memuaskan bagi kedua belah pihak.

3. Jangan paranoid
Merasa seperti semua orang sedang dikritik adalah sangat normal. Di kepalamu mungkin merasa seperti kritikus berpikir kamu baik secara emosional atau profesional. Namun dalam kenyataannya, mereka menawarkan pendapat karena mereka ingin Anda bertahan dan meningkatkan kualitas diri.

4. Jangan minta maaf
Mengatakan kamu menyesal tidak diperlukan kecuali situasi benar-benar darurat untuk mengucapkan permintaan maaf (seperti jika kamu telah menyakiti perasaan seseorang).
Maaf” biasanya akan membuat kamu tampak ragu-ragu dan tidak percaya diri.

Cobalah mengganti “Maaf” dengan respon yang lebih kuat seperti “Tentu saja, saya akan melakukan perubahan itu”. Sebuah janji proaktif akan membantu kamu tampak akuntabel dan terdengar sopan.

5. Jangan terlalu keras pada diri sendiri
Kritik adalah bagian dari kehidupan, kamu akan mendapatkannya di setiap tempat, apakah itu di tempat kerja atau di rumah. Ingat bahwa tidak ada yang sempurna. Jika seseorang memintamu untuk mengubah, mereka berinvestasi di dalam dirimu, dan itu karena kamu berharga untuk mereka, di mana mereka menunjukkan hal tersebut dengan cara mereka. Meskipun itu sulit, kadang-kadang, para kritikus memiliki tujuan baik kepadamu.

Kritik memiliki banyak bentuk…Kritik bisa berupa nasehat, obrolan,sindiran, guyonan, hingga cacian pedas.Wajar saja jika setiap orang tidak suka akan kritik.Bagaimanapun, akan lebih menyenangkan jika kita berlaku dan tampil sempurna, memuaskan semua orang dan mendapatkan pujian.
Tapi siapa yang bisa menjamin bahwa kita bisa aman dari kritik ?

Toh kita hanyalah manusia dengan segala keterbatasannya. Dan nyatanya, di dunia ini lebih banyak orang yang suka mengkritik, daripada dikritik.
Kalau kamu suka sepak bola atau pun olah raga lainnya, pasti sering mengamati para komentator dalam mengeluarkan pernyataan pedasnya. Padahal belum tentu kepandaian mereka dalam mengkritik orang lain sebanding dengan kemampuannya jika disuruh memainkan bola sendiri di lapangan atau menggeluti olahraga tersebut.

Belum lagi para pakar dan pengamat politik, ekonomi, maupun sosial. Mereka ramai-ramai berkomentar kepada publik, seolah pernyataan merekalah yang paling benar.
Namun bukan itu permasalahannya! Pertanyaannya sekarang adalah…seandainya anda mengadapi terpaan kritikan, yang sakitnya melebihi tamparan, apa yang harus anda lakukan ?

image

Library : suara.com

Iklan