image

Solobrita.com – Bukan hanya di film-film barat, di Indonesia sendiri yang jelas-jelas berpegang pada adat ketimuran pun pernah punya artis hot pada era boomingnya Marlyn Monroe .

Julukan bom seks kerap disematkan pada artis yang tampil berani dan hot dalam seni peran. Tapi siapakah artis Indonesia pertama yang digelari julukan tersebut ?

Dilansir dari merdeka.com , artis tersebut adalah Nurnaningsih. Artis ini sangat tenar pada dekade 1950an. Wanita cantik ini lahir di Surabaya, tanggal 5 Desember 1925. Dia berhenti sekolah ketika kelas satu SMA. Nurnaningsih pertama kali bermain dalam film Krisis karya Usmar Ismail pada tahun 1953.

Namanya meroket saat bermain dalam Film Harimau Tjampa setahun setelahnya. Bukan apa-apa, dalam film silat itu dia berani beradegan setengah telanjang. Nurna adalah artis Indonesia pertama yang berani melakukannya di depan kamera.

Adegan yang dilakoni Nurna kontan melahirkan perdebatan antara lembaga sensor film dan para seniman dunia peran.

“Saya tidak akan memerosotkan kesenian, melainkan hendak melenyapkan pandangan-pandangan kolot yang masih terdapat dalam kesenian Indonesia,” kata Nurna pada waktu itu.

Nurna jadi idola banyak laki-laki kala itu. Dalam beberapa koleksi fotonya, gadis ini tak malu berpose dengan bikini. Mungkin pada masa sekarang, hal itu sudah lazim , tapi di tahun 1950an, hal itu dianggap tabu luar biasa.

Tahun 1954, beredar foto tanpa busana Nurnaningsih. Lagi-lagi dia jadi sorotan. Bahkan sampai diperiksa kepolisian Jakarta. Ada yang meyakini foto itu asli. Ada juga yang bilang hasil rekayasa.

Buntut beredarnya foto telanjang, film-film Nurnaningsih diboikot di sejumlah tempat. Dia dianggap menghancurkan adat ketimuran.

Nurnaningsih sempat membintangi film Kebun Binatang tahun 1955 sebelum ‘menghilang’. Dia menjelajahi Indonesia dengan jiwanya yang bebas. Berbagai pekerjaan dilakoninya, mulai dari penjahit, guru Bahasa Inggris, pemain teater hingga kiper tim sepakbola.

Dia masih bermain dalam beberapa film sampai akhirnya meninggal tahun 2004. Berakhirlah legenda bom seks pertama Indonesia.

Iklan