image

Solobrita.com – Seperti kita ketahui, kerusuhan di lapas kerobokan Bali ternyata meluas hingga ke luar lapas.
Bentrokan tersebut melibatkan dua ormas besar di Bali, yaitu Laskar Bali dan Laskar Baladika.
Kedua ormas ini memang diketahui sebagai dua ormas terbesar di Bali, bahkan Laskar Bali sendiri disinyalir adalah ormas dengan anggota terbesar di Asia Tenggara , masih kalah dengan Yakuza Jepang ya.

Mengenai bentrokan yang terjadi beberapa hari lalu pihak kepolisian saat ini belum merilis secara resmi kronologis bentrokan antara ormas Baladika dan Laskar Bali di LP Kerobokan dan kawasan jalan Teuku Umar. Namun di media sosial telah beredar info kronologis bentrokan yang merenggut korban jiwa tersebut.

( baca dulu : Bentrokan berdarah di Denpasar Bali , 3 tewas )

Berikut kronologis bentrokan yang beredar di media sosial.

1. Ijin melaporkan :
Pd tgl 17 des 2015 pkl 16.00 wita telah terjadi penyerangan dgn menggunakan sajam dan benda tumpul lainnya oleh blok D (yg dihuni ormas laskar bali) terhadap penghuni blok C (yg dihuni ormas baladika) yg mengakibatkan 1 org meninggal di tempat a/n Tu Robot (ormas baladika), 2 org luka berat a/n Doglet (kritis) dan Dore.

2. Kronologi kejadian sbb :

a ). Pd tgl 16 Desember 2015 pukul 10.00 wita penyerahan tahanan terkait kasus di karaoke Royal dgn 3 tersangka pelaku dari pok ormas Laskar Bali sedangkan alm mantan Direktur Royal club adalah keluarga pok ormas Baladika Bali.

b ). Pd tgl 17 Desember pukul 11.00 wita terjadi keributan di dalam LP pd saat bpk. Wayan adalah ayah pelaku menjenguk anaknya, dan terjadi pertengkaran mulut dgn pok ormas baladika yg kebetulan juga menjenguk temannya, namun dpt di lerai oleh petugas LP.

c ). Pd pukul 16.15 wita Napi blok D (ormas laskar bali) menyerang sesama Napi ke blok C (ormas baladika) dgn menggunakan sajam dan benda tumpul lainnya sehingga mengakibatkan 3 org korban dari pok baladika bali sbb :
1) 1org Meninggal dunia a/n. Tu Robot.
2) 2 org luka berat a/n. Dore dan doglet.

d ). Pkl. 17.00 wita aparat keamanan dr Polresta dan Polda bali kurang lebih 7 truk tiba utk mengamankan TKP LP Kerobokan dan pd saat bersamaan muncul pok ormas laskar bali kurang lebih 200 orang dengan membawa sajam dan benda tumpul lainnya dibawah pimpinan sekjen laskar bali.

e ). Pada pkl. 17.20 wita Kapolresta mendekati pimpinan laskar bali utk memediasi agar membubarkan diri dan serahkan permasalahan didalam LP kepada pihak LP, sedangkan Kapolresta mengamankan wilayah keluar secara menyeluruh wil. Denpasar, selanjutnya ormas laskar bali membubarkan diri meninggalkan TKP.

f ). Pkl. 18.15 wita pada saat ormas laskar bali meninggalkan TKP menuju jln. Teuku umar persisnya di depan rumah makan simpang ampek rombongan laskar bali melihat sekelompok pemuda yg lagi mengendarai motor dengan menggunakan atribut Baladika Bali secara spontan pok laskar bali menyerang sekelompok pemuda baladika tersebut yg mengakibatkan 2 orang meninggal di tempat (identitas belum diketahui) dan yang 2 lagi terkena sabetan samurai dan tombak.

g ). Saat ini pihak polresta Denpasar melaksanakan olah TKP dan barang bukti dibawa ke polresta guna penyelidikan lebih lanjut, sedangkan ketiga orang  yang meninggal dan 4 orang luka berat dibawa ke RS. Sanglah.

image

3. Catatan :

Saat ini anggota Polresta sebanyak kurang lebih 6 pleton dibawah pimpinan kapolresta melaksanakan sidak ke kantong kantong ormas laskar bali dan baladika yang ada diwilayah Denpasar untuk menyita barang sajam maupun senpi untuk mengantisipasi serangan balasan.

Demikian laporan pendahuluan perkembangan akan dilaporkan kemudian.
Terkait bentrokan antar ormas ini, Kapolresta Denpasar, AKBP Anak Agung Made Sudana menegaskan, bentrokan di Jalan Teuku Umar mengakibatkan satu meninggal dan dua luka.
Peristiwa ini rangkaian dari bentrok di Lapas Kerobokan. Saya sudah tugaskan Kasat Intelkam untuk menghubungi ormas yang bersangkutan. Kasat Narkoba Ganefo juga tadi saya perintahkan,” jelas Sudana.
Menurut Agung, pihak kepolisian tengah melakukan koordinasi agar bentrok ini tidak semakin meluas. Bahkan, Satbrimobda Polda Bali juga sedang berada di Jalan Badak Agung yang infonya akan menjadi sasaran bentrokan antar kelompok ormas tersebut.

Baca juga : Mengenal Laskar Bali , siapa mereka dan apa sepak terjangnya

Library : beritabali.com

Iklan