image

Solobrita.com – Siapa sih orangnya yang tidak suka dengan selfie.
Di jaman smartphone ini, hampir setiap orang suka berselfie baik sendiri atau ramai-ramai dengan temen nongkrong.

Ya, sepertinya kurang lengkap rasanya kalau mengabadikan momen terbaik tanpa ber-selfie ria. Tidak peduli sendiri atau bersama teman dan keluarga, pose dan angle terbaik dalam sebuah seakan wajib diciptakan lewat selfie.
Tapi, apa kamu sadar kalau fenomena yang satu ini sebenarnya mengalami perkembangan ?

Dan , selfie bagaimana yang jadi trend dari waktu ke waktu…yuk kita bahas disini ,

1. Selfie Manyun

image

Sejak muncul ponsel berkamera, makin banyak kawula muda yang mencoba eksis atau meraih popularitas di dunia maya. Salah satunya adalah lewat selfie yang kebanyakan dilakukan oleh kaum perempuan.

Fenomena selfie pertama terjadi lewat tren bibir manyun. Awalnya hanya berupa foto close up wajah dengan bibir manyun. Tapi seiring berkembangnya zaman, selfie dengan bibir manyun pun mulai mengalami perubahan.
Dimulai dengan angle pengambilan foto dari atas. Tanpa perlu senyum, bibir manyun dan 2 jari di sebelah pipi sudah berhasil membuat kawula muda merasa jadi yang paling lucu , dan ternyata trend ini sebenarnya sudah jadul , sekitar era 2006 sampai sekitar 2008 lalu…tapi kenapa di Indonesia masih jadi trend yaa..

2. Selfie di Toilet

image

Sampai saat ini tidak ada yang mengetahui siapa pelaku pertama dan apa motivasinya melakukan selfie di cermin toilet. Belum sempat terungkap, tren selfie ini langsung menyebar luas dan menggandrungi kawula muda di seluruh dunia khususnya Tanah Air.

Trend ini mulai terjadi sekitar tahun 2008 sampai 2011, fenomena selfie di toilet ini pun mengalami perubahan pesat. Dari yang awalnya hanya berpose sendiri, sampai mengajak teman-teman ke dalam toilet dan berfoto bersama…terus apa maksudnya yaa..ada-ada aja …

3. Selfie di Spion Mobil

image

Sama seperti selfie di toilet, tidak ada yang tahu pasti siapa orang pertama yang mempopulerkan gaya selfie di spion mobil. Bahkan sampai ada mitos beredar kalau penyanyi cantik Raisa Andriana adalah orang pertama yang mempopulerkan pose selfie seperti ini di Tanah Air !

Yah…lupakan siapa yang mengawali trend ini, selfie di spion mobil sendiri sempat menjadi hype dan populer di kalangan anak muda bahkan hingga hari ini. Bukan cuma kaum perempuan, para pria remaja dan muda pun mulai melakukan hal yang sama.

Pose ini pun berkembang dengan sangat cepat. Jika biasanya dilakukan sendirian, bersyukurlah bagi mereka yang memiliki pasangan. Yap, biasanya sang pria yang membawa mobil akan bersikap seperti tak tahu sedang disorot kamera dan sang perempuan yang bergaya dengan wajah close up-nya.

Pose ini sebenarnya sudah dimulai sejak tren selfie toilet ada, artinya sudah ada dari tahun 2008 lalu. Namun perkembangan zaman mempengaruhi tren ini dari spion sampai dashboard mobil. Benar, kendaraan roda empat ini memang jadi benang merah dari setiap perkembangan tren selfie ini.

Yang lebih epic, ada juga lho mereka yang melakukan selfie ini saat naik taxi. Bisa jadi, mereka didorong kalimat motivasi ‘pokoknya selfie di mobil ..titik’ yang terus muncul dan terdengar berulang-ulang di dalam pikiran.

4. Selfie Dengan Pose Sok Candid

image

Nah, inilah tren yang mulai digandrungi anak muda saat ini, pose sok candid, atau juga bisa dibilang bergaya seolah tidak sadar dengan kamera di sekitarnya. Tren yang satu ini sangat ampuh untuk tetap aktif di social media seperti Instagram selain foto-foto makanan atau minuman yang lama-lama tampak seperti sebuah menu kafe.

Sebenarnya tren seperti ini tidak bisa disebut sebagai selfie sepenuhnya. Yap, karena dibutuhkan satu orang lagi demi mendapat pose yang tepat dan baik sesuai pencahayaan.
Biasanya pose selfie sok candid ini dilakukan agar bisa memasukkan caption yang smart atau positif. Tujuannya sangat jelas, meraih jumlah likes atau komentar yang banyak dalam satu foto.

Tidak banyak perkembangan terjadi pada tren selfie yang satu ini kecuali tempat dan background seperti perpustakaan atau berpose dengan buku di sekitarnya. Apa dari kamu ada yang sudah pernah melakukan selfie seperti ini ?
Sok…sok dikit ‘gak papa lah …

5. Selfie berbahaya

image

Selfie yang model begini , jangan kamu lakukan ya..selain kamu juga capek sendiri nyari tempat-tempat yang wow..juga berbahaya bagi keselamatan kamu sendiri.
Jelas sudah banyak korban jiwa, mati sia-sia gara-gara pingin eksis di sosmed dengan cara ini.

6. Selfie di tempat bencana

image
Selfie ditempat jatuhnya pesawat Hercules

Yang model beginian , juga jangan dicoba ya, apalagi sampai di upload di sosmed , pasti akan banyak kontra dan kritikan pedas dari para netizen.
Ya , jelas lah…selfie identik dengan senang-senang , lha ini ditempat bencana orang terkena musibah…apa ‘gak keterlaluan tuh ?

Kamu biasa yang mana ya gaez ?

Iklan