image
Markas besar FIFA di Zurich , Swiss

Solobrita.com – Sobat bola , hari sabtu 30 mei 2015 secara resmi FIFA menjatuhkan sangsi kepada Indonesia karena Menpora sudah dan masih membekukan PSSI sampai batas akhir yang ditentukan FIFA .

FIFA akhirnya benar-benar memberikan sanksi untuk Indonesia yaitu larangan bertanding di turnamen internasional.
Wakil Ketua Umum PSSI, Erwin Dwi Budiawan, dan juga oleh juru bicara FIFA mengatakan, akibat sanksi itu, Indonesia juga tidak akan mendapatkan bantuan dari FIFA dan dari Konfederasi Sepak Bola Asia dalam bentuk dana bantuan, program, atau kursus, hingga syarat-syarat yang diberikan oleh FIFA dituruti.

Sanksi FIFA bukan kiamat bagi sepakbola kita ,
“Jam satu siang waktu Zurich surat dikeluarkan oleh FIFA setelah adanya emergency meeting Komite Eksekutif FIFA,” kata Erwin melalui surat’elektronik seperti dikutip CNN, Sabtu (30/05/2015).

Dalam surat tersebut, FIFA memberikan empat syarat bagi Indonesia agar sanksi dicabut yaitu:

1. Komite Eksekutif PSSI kembali mengatur sepak bola Indonesia secara independen tanpa adanya campur tangan dari pihak lain, termasuk kementrian atau agensinya.
2. Pengelolaan tim nasional diberikan kepada PSSI
3. Tanggung jawab seluruh kompetisi PSSI diberikan kepada otoritas PSSI dan bidang-bidang di bawahnya.
4. Seluruh klub yang diberi lisensi PSSI sesuai dengan Peraturan Lisensi Klub PSSI harus bisa bertanding di kompetisi PSSI.

Meski demikian, sebagaimana dicantumkan dalam surat, tim nasional Indonesia masih boleh bermain di SEA Games 2015.
“Ada negosiasi dari utusan Indonesia di Zurich sehingga timnas bisa bermain di SEA Games dan juga kursus lisensi pelatih C-AFC yang akan segera diselenggarakan masih bisa diteruskan, karena telah disepakati sebelumnya, Hanya dua itu saja yang masih bisa diizinkan, ” kata Erwin .

Menurut Erwin, langkah yang diambil selanjutnya oleh PSSI akan menunggu sekembalinya La Nyalla Mattalitti dan Hinca Panjaitan dari Swiss.
“Yang bisa kami lakukan adalah mengetuk pintu hati Menpora,” ujarnya.@ridwan_LICOM

Seperti yang sudah dilansir dari bola.net, sehari sebelumnya memang sudah beredar bahwa Indonesia akan di sangsi FIFA karena pembekuan PSSI oleh Menpora.
Batas waktu yang diberikan FIFA kepada Indonesia untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi telah berakhir hari ini (Jumat, 29/5). Faktanya, Kemenpora belum juga mencabut SK Pembekuan PSSI. FIFA menilai dengan belum dicabutnya SK pembekuan tersebut, pemerintah dalam hal ini Kemenpora telah melanggar pasal 14 dan 17 Statuta FIFA karena melakukan intervensi,” ungkap Azwan Karim yang saat ini turut menghadiri Kongres FIFA di Swiss,  seperti dikutip Bola.Net, Jumat (29/05/2015).

Iklan