image

Solobrita.com – Yang harus kita yakini, Perubahan zaman adalah salah satu hal tak terkendali yang tak bisa kita ubah. Mau tak mau, suka tak suka, kita pasti harus mempersiapkan diri untuk menghadapi era baru. Jangan sampai kita dibilang gaptek atau ketinggalan jaman.

Contoh nyata adalah ketika masa-masa 90-an akhirnya berubah menjadi era milenium tahun 2000-an.
Hampir semua pernak-pernik berbau milenium , yang identik dengan warna silver , padahal pada tahun 90’an , warna hitam tergolong paling favorit.
Hampir semua barang elektronik berwarna hitam saat itu.

Ketika era milenium hadir, kita merasakan berbagai perubahan-perubahan , terutama soal kemajuan teknologi. Salah satunya adalah mulai munculnya gadget serta perkembangan teknologi yang luar biasa pesatnya. Namun ada kalanya kita pasti merindukan era 90-an yang terbilang lebih polos, sederhana dan apa adanya.

Dan berikut ini adalah sederet hal-hal normal yang pernah kamu rasakan saat tahun 90-an dulu.
Siap untuk kangen-kangenan ?

1. Tiket Bioskop Murah
Salah satu perbedaan antara bioskop zaman dulu dan sekarang adalah teknologi yang dipakai. Kalau dulu cineplex 21 sudah jadi primadona, maka kini kamu bisa datang ke XXI, Blitz bahkan IMAX. Perbedaan teknologi itulah yang akhirnya menciptakan perbedaan harga.
Sekarang kalau mau menonton bioskop, kamu bakal menyiapkan uang minimal 40 ribu rupiah. Namun dulu? Harga tiket bioskop saat era 90-an bahkan tidak sampai menyentuh harga 10 ribu rupiah perlembarnya.
Hayoo, siapa yang saat kecil masih nonton film SAUR SEPUH ,  wiro sableng,  POWER RANGERS, PETUALANGAN SHERINA atau SARAS , ?

2. Gaya Hip Hop = Gaul

image

Yang menjadi ciri khas lain dari sebuah era adalah bagaimana style keseharian yang diperlihatkan oleh para generasi muda. Untuk masa kini, pasti style K-Pop seolah jadi primadona. Kamu bisa menemukan pria-pria memakai cardigan dan warna-warna cerah serta gadis-gadis muda dengan rok atau hot pants mini.
Namun pada era 90-an, style yang saat itu dianggap gaul adalah tidak lepas dari rantai-rantai menjuntai di celanamu. Yoi, mereka yang mengenakan dompet berantai, lalu rantai lain di celananya akan dianggap super keren tanpa harus mengumbar bagian tubuh. Pernah berdandan seperti itu ?

3. Ini Gadget Canggih

image

Sekarang yang namanya gadget sudah jadi kebutuhan sehari-hari. Adalah hal yang wajar kala melihat bocah belum lulus SD sudah punya smartphone mahal lalu menenteng kamera mewah serta tablet dan pemutar musik canggih. Singkatnya, hampir semua orang di tahun 2000-an ini pasti minimal punya satu buah perangkat teknologi canggih.
Namun tanyakan pada generasi muda di tahun 90-an. Gadget canggih yang mereka miliki paling mentok berhenti di kalkulator.hehehe…
Tentu bukan kalkulator biasa, tetapi memiliki berbagai tombol lengkap termasuk kalkulator-kamus bahasa Inggris yang sempat jadi primadona.

4. Ini Seksi di Tahun 90-an

image

Tidak hanya perempuan masa kini yang hobi ke pusat kebugaran. Perempuan era 90-an juga doyan ke gym. Hanya saja yang membuat beda adalah penampilan mereka. Jika perempuan masa kini menggunakan setelan tanktop dengan celana pendek seksi serta sepatu mahal, maka perempuan 90-an lebih menggunakan baju yang sopan.
Berbagai setelan baju senam yang ketat dan aneka warna serta corak yang mungkin membuat beberapa orang masa kini menilai itu adalah hal norak, penampilan mereka saat itu sudah dianggap seksi. Hmm, ada yang punya setelan baju senam seperti itu ?
Jadi ingat film dono kan ?

5. Masih ingat Solitaire ?

image

Kalau sekarang, berbagai aplikasi game bisa kamu mainkan di smartphone yang dapat kamu bawa ke mana-mana, tinggal download ,banyak yang gratisan.Bahkan sudah 3 dimensi. Dari segi grafis visual sampai suara, sangat memanjakan. Namun untuk anak-anak 90-an, untuk bisa main game mereka hanya bisa melakukannya lewat perangkat komputer.
Dan saat itu ada sebuah game fenomenal ketika perangkat komputer masih berbasis Microsoft Windows 98. Game itu adalah game menata kartu bernama Solitaire.
Percayalah, kamu bukan anak-anak generasi 90-an kalau belum pernah bermain Solitaire ( bagi yang punya komputer ya )

6. Internet Super Lambat
Mengeluh internet super lambat beberapa hari lalu atau karena kuota mau habis ?
Mmhh…sepertinya tingkat kesabaranmu tak sebanding dengan bocah-bocah generasi 90-an.
Memang, di masa kini kalau untuk mengunduh sebuah lagu butuh 10 menit saja kamu sudah tak sabar. Maka di tahun 90-an, mengunduh lagu bukanlah 10 menit, melainkan bisa-bisa satu buah lagu jadi sejam , bayangin !!!
Dengan teknologi internet yang masih super sederhana, anak-anak 90-an tak mengenal yang namanya membajak film lewat internet. Bagaiman tidak, mungkin saja untuk mengunduh sebuah film, mereka harus melewatkan seminggu lamanya. Jadi, lebih enak masa kini atau zaman dulu ?

7. Belum ada blog

image

Jika kita sekarang bisa mengakses sebuah berita melalui internet, dulu pun juga sudah bisa, hanya saja kecepatan internet yang membedakan.
Tapi kalau masalah situs atau web, tentu sangat jauh perbedaannya.
Detik.com saja baru lahir di atas tahun 2000-an, apalagi sebuah blog pasti tidak ada sama sekali.
Bagaimana ada, komputer saja masih jarang , gadget hanya bisa buat nelpon dan SMS..itupun baru nongol di 90’an akhir.

Jaman sekarang blog sudah menjamur, bahkan berbagai aliran blog pun muncul ada blog bisnis , blog hiburan, ataupun blog sosial.
Pokoke jauh banget deh…

Aduh, jadi kangen deh era 90-an, kangen sama lemotnya internet, kangen nintendo, sama kangen nonton film saur sepuh, yang jelas kangen sama kesabarannya…hehehe…

Library : kapanlagi

Iklan